Kamis, 15 Agustus 2019

Menjaga Budaya - Ikut Melestarikan Alat Musik Tradisional Indonesia 'Sasando'


Sasando adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini berasal dari pulau paling selatan di Indonesia yakni Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Secara harfiah nama Sasando menurut asal katanya dalam bahasa Rote adalah Sasandu, yang berarti alat yang bergetar atau berbunyi.

Obor Timor Ministry mendukung promosi alat musik tradisional Sasando untuk semakin dikenal oleh dunia dan menjadikan ini sebagai salah satu program kami. Karena lewat musik kaum muda dapat terlibat dalam aktivitas yang positif dan bisa lebih menghargai perbedaan yang ada diantara mereka sehingga bisa membuat hidup lebih tercipta saling menghargai antar sesama. Namun karena dukungan dana bagi program ini masih sangat terbatas maka Natalino Mella, yang merupakan salah satu maestro Sasando di Indonesia, secara pribadi berjuang lewat kreatifitasnya untuk terus mempromosikan dan membuat alat musik Sasando semakin dikenal oleh dunia, bisa dimainkan oleh siapa saja dan dimana saja. Tawaran untuk belajar musik Sasando dari kalangan muda secara pribadi dia terima karena ternyata banyak anak muda yang tertarik untuk bisa bermain Sasando. Buku Tutorial Sasando dalam bahasa Inggris hasil karya Natalino Mella juga telah dibuatnya untuk mengakomodir permintaan peminat musik dari luar negeri yang tertarik untuk belajar Sasando setelah menonton channel youtube Natalino Mella: 
https://www.youtube.com/channel/UCUUiAc9RyV21VsIxULmupvg
Sasando dan tutorial bermain Sasando telah dia kirimkan ke USA, Australia, Tiongkok, Brazil dan beberapa negara lainnya karena minat belajar alat musik Sasando tidak hanya datang dari peminat di Indonesia tetapi juga di luar negeri. Lewat musik, orang-orang dari berbagai latar belakang yang berbeda bisa bersatu dalam saling menghargai dan mendukung keberagaman di dunia serta dapat menciptakan dunia yang damai.

Mari kita dukung alat musik tradisional Sasando semakin dikenal dunia! Bagi anda peminat musik yang tertarik untuk belajar Sasando secara pribadi langsung di Natalino Mella, baik yang tinggal di Indonesia ataupun diluar Indonesia, silahkan kontak secara langsung ke Natalino Mella melalui:

Call/SMS/Whatsapp: (+62) 0857 3801 272







Tidak ada komentar:

Posting Komentar